Friday, February 28, 2014

AKHLAQ NABI MUHAMMAD SAW


                                         AKHLAQ NABI MUHAMMAD SAW

Allah SWT, memuji akhlaq Nabi Muhammad SAW, dalam firman-Nya:

وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ

“ Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur”. ( Al- Qalam: 4)

Asbabun Nuzul

A’isyah berkata:” Tiada seorang pun yang mempunyai akhlaq melebihi akhlaq Rasulullah SAW, dan tiada seorang pun daripada sahabatnya dan tidak pula daripada keluarganya yang memanggilnya, kecuali Beliau berkata:” LABBAIKA”. Oleh karena itu maka Allah menurunkan ayat 4 surat Al-Qalam, berkenaan dengan peristiwa itu yang menerangkan keadaan akhlaq Rasulullah SAW, yang amat mulia itu”. (Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul oleh Jalaluddin As-Sayuthi)

KISAH NABI MUHAMMAD SAW DENGAN ‘AKASYAH

Dari Ibnu Abbas ra, bahwa disaat Nabi Muhammad SAW, menjelang wafatnya, Beliau menyuruh Bilal untuk mengumandakan azan untuk shalat, maka berhimpunlah para sahabat, baik muhajirin maupun anshar di mesjid Rasulullah SAW, lalu Beliau shalat bersama mereka, setelah itu Beliau berkhuthbah, begini bunyinya:

يا معاشر المسلمين , اني كنت لكم نبيا وناصحا وداعيا الى الله باذنه , وكنت لكم كالأخ المشفق والأب الرحيم , من كانت له عندي مظلمة فليقم وليقتص مني قبل القصاص في القيامة 

“ Wahai umat Islam , aku adalah Nabimu, penasehatmu, dan da’i yang mengajakmu kejalan Allah dengan izin-Nya, aku denganmu bagaikan saudara kandung dan bapak yang penuh kasih sayang, barangsiapa yang teraniaya berhak menuntut balas pada pribadiku, sebelum aku dituntut balas di hari qiyamat”.

Maka tidak ada seorang pun diantara mereka yang tegak berdiri untuk menuntut balas terhadap Beliau SAW, sehingga Beliau SAW, mengulanginya dua, tiga kali. Maka ketika itu tegaklah seorang  pria bernama ‘Akasyah bin Muhsan, ia berdiri dihadapan Beliau SAW, dan berkata:” Demi ayah dan ibuku ya Rasulullah, kalau tuan tidak mengumumkan berulang-ulang, saya pun tidak mungkin memajukan tuntutan, sungguh saya pernah bersama tuan dalam perang badar , perjalanan onta saya dibelakang onta tuan, lalu saya turun dan mendekati tuan dengan tujuan dapat mencium kaki tuan, tapi tiba-tiba tuan mengangkat tongkat dan memukul onta tuan, pada saat itulah tulang rusuk saya terpukul oleh tuan, saya tidak tau apakah itu sengaja atau tidak”. Beliau SAW, menjawab:’ Wahai ‘Akasyah, hal itu memang tidak ada unsur sengaja memukulmu. Lalu Beliau SAW berkata kepada Bilal:” Wahai Bilal, ambillah tongkat saya dirumah Fatimah putri saya. Lalu Bilal keluar dari mesjid sambil meletakkan tangannya di kepalanya, ia berkata pada dirinya:” Apakah hal ini Rasulullah SAW, akan bersiap-siap menerima balasan..?. Bilal mengetuk pintu rumah Fatimah, dan ditanya:” Siapakah itu...?. Bilal menjawab:” Saya, Bilal. Saya disuruh oleh Rasulullah SAW, untuk mengambil tongkatnya”. Fatimah bertanya:” Untuk apa ayah saya menyuruh tuan mengambil tongkatnya..?. Bilal menjawab:” Sungguh Rasulullah SAW, telah bersiap untuk menerima balas pukul, ya Fatimah. Fatimah bertanya:” Siapakah yang sampai hati hendak menuntut balas pada Rasulullah SAW, ya Bilal..?. Akhirnya Fatimah mengambil tongkat dan menyerahkannya kepada Bilal dan Bilal langsung membawnya ke mesjid dan menyerahkannya kepada Rasulullah SAW, dan Rasulullah SAW, menyerahkannya kepada ‘Akasyah.
Ketika itu Abu Bakar dan Umar tegak berdiri, keduanya berkata:” Wahai ‘Akasyah, kami tidak sampai hati melihat balas pukulmu terhadap Rasulullah SAW, sebagai gantinya pukullah kami berdua. Dan Ali pun bangkit dan berkata:” Wahai ‘Akasyah, sepanjang hidupku bersama Rasulullah SAW, dan saya tidak sampai hati melihat tindak balasmu terhadap Beliau SAW, untuk itu pukullah punggungku, perutku, dan badanku ini”. Rasulullah SAW, bersabda:” Wahai Abu Bakar dan Umar, duduk tenanglah kalian berdua, sungguh tempat kalian berdua telah diketahui disisi Allah. Dan kepada Ali Beliau bersabda:” Wahai Ali duduk tenanglah kamu, sungguh tempat dan tujuanmu telah dicatat disisi Allah SWT”. Lalu Hasan dan Husain berkata:” Wahai ‘Akasyah, tiadakah kamu kenal dengan cucu Rasulullah SAW, lakukanlah balas pukulmu kepada kami berdua, berarti engkau telah puas dengan balasan itu. Rasulullah SAW, bersabda:” Wahai Hasan dan Husain buah hatiku, duduk tenanglah. Lalu Beliau SAW, bersabda kepada ‘Akasyah:” Wahai ‘Akasyah, pukullah aku jika engkau mau”. ‘Akasyah berkata:” Ya Rasulullah, dulu Tuan memukul saya, sedang saya tidak berpakaian”. Lalu Rasulullah membuka pakaiannya. Ketika itu menangislah semua umat Islam yang hadir. Dan ketika itu pula ‘Akasyah memegang dan mencium tubuh Rasulullah SAW, yang putih itu. ‘Akasyah berkata:” Kutebus dirimu dengan jiwaku ya Rusulullah, siapakah yang sampai hati untuk memukulmu, sungguh tindakanku yang seperti ini tidak lain hanyalah supaya tubuhmu yang mulia ini dapat disentuh oleh tubuhku dengan harapan tubuhku dapat terpelihara dari api neraka berkat kehormatanmu”. Rasulullah SAW, bersabda:” Ketahuilah wahai para sahabat, siapa ingin melihat ahli sorga, maka lihatlah orang ini. Maka tegaklah sekalian umat Islam dan mencium diantara kedua mata ‘Akasyah seraya berkata:” Beruntunglah kamu, telah memperoleh tempat yang tinggi dan berkawan dengan Rasulullah SAW, di sorga”. Sekian (Durratun Nashihin)
Adakah akhlaq seperti ini pada para pemimpin di zaman sekarang ini......?

0 comments:

Post a Comment